Friday 26 February 2016

CARA MENGATASI PRINTER SPOOLER ERROR



Hi, kawan TKJ ! ada yang pernah nemuin masalah ini di PCnya ? baik punya sekolah atau punya sendiri dirumah atau punya orang lain dirumah ? Pengalaman ini "Spooler Service not Running" saya jumpai di kantor tempat saya prakerin yakni Kantor Pemasaran PT. Araya Bumi Megah Jl.Blimbing Megah Indah No. 1 Blimbing Jawa Timur 65126, sekalian promosi siapa tau ada yang ngirim martabak manis kekantor ! Masalah ini berawal pada hari Kamis (25/2/16) hari itu saya ditugaskan oleh pembimbing saya untuk mengaktifkan dan juga menscan virus dari komputer yang bersangkutan ! Dan Hari itupun tiba tepatnya hari ini tanggal (26/2/2016). Tak disangka proses Scan irus yang sempat memporak-porandakan  sistem Windows, ternyata juga turut melumpuhkan file yang berguna untuk menyambungkan ke perinter ! "Gimana cerita singkat saya ? Biasa saja bukan ?"

Sudah kita lupakan saja cerpen saya yang ada diatas, kini kita beralih ke pusat pembahasan kita yakni "Spooler Service not running" masalah ini terjadi karena ada dua faktor yang pertama, Service Spooler anda tidak berjalan atau juga bisa saja file yang bernama Spoolss.dll, Spoolsv.exe, Winspool.drv telah raip dimakan Virus yang tidak berprikesisteman ! untuk mengecek Spooler Printer, kamu bisa buka Windows Run atau untuk jalan pintasnya kamu bisa gunakan tombol Win+R lalu ketikan services.msc atau bisa juga cara repotnya yaitu klik logo Windows> Control Panels> System and Security>  Administrative Tools> Services>  lalu cari Print Spooler klik dua kali, lalu ganti dibagian Startup Type menjadi Automatic


Penampakan Printer Spooler yang berjalan

Namun jika di situ tidak ada, dapat dipastikan file yang bernama Spoolss.dll, Spoolsv.exe, Winspool.drv sudah raip atau sudah terinfeksi virus sehingga ke tiga file tersebut dihapus oleh penghapus ! eh maksud saya Antivirus ! Untuk mengembalikan ketiga file itu maka kamu harus memakai jurus Edo Tensei ! dengan mendownload disini ! untuk Windows XP dan disini untuk Windows 7 32 bit dan disini untuk windows 7 64 bit

Catatan :
Untuk windows XP ! slahkan kamu copykan semua file yang ada didalam folder system32 maupun didalam folder windows, ke folder system32 maupun ke folder windows yang ada di Localdisk C kamu! setelah kamu Copykan sekarang kamu klik dua kali  file regedit yang ada di folder spool yang sudah kamu download tadi ! setelah itu restart komputer kamu ingat komputer kamu bukan punya orang lain !

Untuk yang Windows 7 bisa kamu baca disini !

So, semoga artikel ini dapat membantu kamu, jika kamu menemui masalah yang serupa dengan masalah yang saya alami ! Bye"



david desaili Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment